Lakukan Langkah ini Supaya Terhindar Dari Ranjau Paku

Upsideandmotor.com – Bagi para pengendara motor, masalah kebocoran ban adalah hal yang paling membuat kesal ketika sedang berkendara. Belum lagi jika lokasi bengkel tambal ban yang jauh dari lokasi bocornya ban tentu membuat kita harus ekstra dalam mendorong.

Perlu diketahui juga, dalam kejadian bocornya ban kendaraan ada dua faktor yang menjadi penyebab. Faktor pertama karena memamg tidak sengaja dan yang kedua karena disengaja. Untuk faktor yang kedua biasanya disebabkan oleh ranjau paku yang disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Di Jakarta sendiri terkenal ada sebuah rempat rawan ranjau paku.

Namun, kini tidak perlu resah dan takut lagi, karena ada beberapa tips yang diberikan oleh seorang pegiat Komunitas Saber yang rutin membersihkan ranjau paku di Jakarta, yaitu Rohim.

Berikut tips agar kita terhindar dari ranjau paku menurut Rohim.

“Pertama kalau ada di jalan yang rawan ranjau paku, jangan terlalu kencang memacu motor. Karena semakin cepat motor, semakin rentan ban motor tertembus paku ranjau. Kalau jalannya pelan, risiko kena sedikit,” jelas Rohim.

Kiat kedua, lanjut dia, yakni memastikan angin pada ban cukup. Menurutnya, potensi terkena ranjau paku lebih besar terjadi pada ban yang kekurangan angin. “Pastikan tekanan anginnya cukup. Kalau kempes gampang tertancap paku,” tuturnya.

Mengatasi banyaknya ranjau paku yang disebar di jalanan membuat Rohim dan anggota Komunitas Saber yang berjumlah 30 orang relawan ini rutin menyisir jalanan untuk membersihkan jalanan dari ranjau paku.

Dari kegiatan ini, Rohim mengatakan jika Jalan Gatot Subroto, Jalan Fatmawati, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Yos Sudarso menjadi tempat yang paling banyak ditemukan adanya ranjau paku.

“Itu daerah-daerah, sekali sisir enggak sampai 500 meter sudah bisa dapat paku 2 kilogram lebih,” tegas Rohim

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *