Dapatkan Kinerja Rem Maksimal Dengan Berkala Ganti dan Cek Minyak Rem

Upsideandmotor.com – Rem adalah bagian yang sangat penting didalam kendaraan, namun apakah ada yang mengetahui jika didalam rem juga ada bagian yang tidak kalah penting yaitu Brake fluid atau minyak rem.

Terkait dengan bagian ini, masih banyak orang yang tidak memberikan perhatian lebih dan bahkan tidak juga melakukan pengecekan apakah kadar kualitas pada minyak rem tersebut masih baik atau tidak.

Padahal jika mengetahui lebih dalam, brake fluid merupakan cairan yang dibuat dari bahan dasar material ethylene glycol yang memiliki kemampuan berkerja dalam suhu panas atau tinggi.

Material ethylene glycol sendiri diketahui memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga lama-kelamaan juga dapat menguap. Namun, jika didalam minyak rem terdapat kadar air maka hal itu akan berpengaruh pada kinerja rem. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan pergantyian minyak rem secara rutin.

“Sebaiknya, minyak rem diganti dengan secara rutin setiap 50 ribu kilometer. Tidak hanya menguras di tabung penampungan, tapi penggantian ini dilakukan secara menyeluruh mulai minyak yang berada pada master rem atas hingga minyak yang berada di jalur rem,” kata Hardiyanto selaku Service Advissor BMW Astra Cilandak.

Dengan melalukan pergantian minyak rem dengan tapat pada waktunya tentu akan memberikan efek positif, tidak hanya itu pergantian ini juga akan membersihkan jalur rem dari kandungan air dan residu.

“Perlunya menyesuaikan minyak rem dengan spesfikasi yang sesuai aturan pabrik karena material pada sistem pengeraman setiap mobil yang dibuat oleh pabrikan memiliki efek yang berbeda dengan jenis-jenis kadar kimia yang terkandung pada minyak rem tersebut. Salah satunya adalah titik didih minyak rem,” tegas Hardiyanto.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *