Dalam Kondisi Apapun, Ban Harus di Ganti Setiap 5 Tahun

Upsideandmotor.com – Semua perangkat didalam kendaraan mempunyai perannya masing-masing dan perawatan pun berbeda-beda. Namun, ada beberapa perangkat yang harus mendapatkan sebuah perhatian lebih seperti ban pada mobil. Hal ini perlu dilakukan karena ban merupakan perangkat yang langsung bersentuhan dengan jalan.

Memberikan informasu tentang ban ini, seorang Marketing Manager dri PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono mengatakan jika sebaiknya ban itu harus diganti setiap 5 tahun sekali khusus mobil.

Tejo juga menambahkan pergantian tersebut juga harus dilakukan meskipun ban terlihat masih dalam kondisi baik. “Jarak tempuh ban semenjak dipakai hanya lima tahun, habis enggak habis lima tahun ganti. karena pastinya setelah itu bahaya,” ujarnya Tejo di Jakarta.

Lebih lanjut, Tejo juga menginformasikan jika ban tidak segera diganti dalam waktu tersebut maka kinerja dari ban akan terasa sangat tidak baik saat di jalan.

“Komponen karet dari ban setelah dipakai itu mengalami perubahan, jadi memang tidak maksimal lagi, secara performa dan kualitas dari karetnya karena sudah dipakai,” jelasnya Tejo.

Tejo juga menambahkan jika pergantian ban lima tahun ini juga berlaku untuk mobil yang sering dipakai maupun yang jarang digunakan, serta berlaku juga untuk semua jenis mobil.

“Karena itu menyangkut dengan karet bannya sendiri. Karena kan dia sudah dipakai sudah diisi angin sudah tertimpa beban si mobilnya itu sendiri, jadi mau tidak mau mempengaruhi kualitas dari karetnya,” kata Tejo.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *