KIA Hempaskan Produksi Mobil di Indonesia, CBU Lebih Bermutu

 

 

Upsideandmotor.com – KIA Mobil Indonesia (KMI) mengungkapkan alasan mengapa tidak memproduksi mobil di Indonesia lagi. Untuk menjaga kualitas menjadi alasan mengapa pihaknya mengambil unit yang dibuat langsung di pabrikan Korea Selatan.

“Beberapa tahun ini kami tidak lagi diijinkan untuk CKD (completely knock down). Hal ini untuk menjaga kualitas, karena itu harus CBU (completely build up) asli. KIA ingin kualitas (produknya) di 172 negara di dunia ini sama,” jelas Senior Instructor & Product Development, Tonny Saptono.

Selanjutnya dia juga mengungkapkan pihaknya pernah menjalankan CKD untuk produk KIA Carens tetapi hal tersebut diberhentikan karena adanya kebijakan ini.

“Sekarang sampai pick up (kendaraan komersial) pun harus CBU asli karena banyak mobil lain yang statusnya sama tapi tidak CBU asli,” imbuhnya.

Menurutnya, proses pembuatan mobil di pabrik KIA tersebut sudah 80% dilakukan oleh robot. Oleh sebab itu, level kepresisian serta performanya dapat terjamin.

“Kalau mau jadi mobil kualitas dunia, mulai dari mobil pertama sampai unit ke sejuta kualitasnya harus sama, bagaimana? Jangan orang yang ngerjain karena hasilnya (pekerjaan) tiap orang tidak akan sama,” katanya.

KIA Rio terbaru dirilis pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Beberapa perombakan dilakukan pada mobil pabrikan Korea Selatan itu. Dari beberapa perubahan tersebut antara lain eskterior, interior serta perfoma yang menjadi perbedaan pada hatchback tersebut adalah sunroof.

Fitur tersebut memang jarang digunakan pada mobil-mobil di Indonesia. Bila ada, sunroof diterapkan pada mobil tipe Sport Utility Vehicle (SUV) atau sedan supaya terlihat lebih mewah.

“Kami lakukan survei secara menyeluruh, semuanya mau pakai ini (sunroof),” kata  Angelica Pramesthi, Digital Marketing dan Community Manager PT KIA Mobil Indonesia.

Adanya fitur ini, tentu akan meningkatkan kelas All New Rio. Karena ini merupakan satu-satunya hatchback yang memakai sunroof meskipun sudah ada sebelumnya pada Hyundai i20 XG di 2009.

Kekuasaan hatchback di Indonesia seperti pada Toyota Yaris, Honda Jazz dan Suzuki Swift belum mengenakan fitur sunroof dan KIA Indonesia menawarkan All New Rio dengan dua pilihan yaitu senilai Rp 250 juta untuk transmisi manual dan untuk yang otomatis senilai Rp 265 juta.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *