Bisakah Mobil Terbakar Karena Pengaruh Aki ?

 

 

Upsideandmotor.com – Pada sambungan listrik pada mobil, ada aki, alternator serta voltage regulator. Supaya tetap bisa menyuplai listrik dengan stabil, dibutuhkan alternator atau kerap dinamai dinamo ampere.

Rocky Yonathan, KA Bengkel Auto2000 Kebayoran Lama, menjelaskan dinamo ampere ini diibaratkan untuk mengisi daya aki kembali. Dengan begitu, aki tidak mengalami kehabisan suplai listrik yang dapat mengganggu fungsi komponen mobil yang membutuhkan aliran listrik.

“Kalau bicara aman, untuk alternator pasti aman. Sistem kerja komponen ini seperti kumparan, dan mengisi aki saat digunakan. Ketika mesin mati, masih bisa menyalakan AC atau radio, maka aki akan habis. Tapi kalau menyalakan mesin, dan alternator bekerja (aki) akan kembali terisi,” ungkap Rocky.

Rocky juga menambahkan listrik pada aki memang ada batasannya. Jadi, bila mesin tidak dihidupkan mala listrik aki akan terbuang sia-sia.

“Di samping itu, biasanya alternator ini sudah dilengkapi relay yang canggih. Jadi jika ada sesuatu yang salah atau listrik sudah terisi penuh, (sistem) akan memutuskan diri. Dengan begitu, tidak ada korsleting, dan lain-lain,” ungkapnya.

Disamping itu, untuk perawatan alternator itu juga cukup sederhana hanya diperiksa di bengkel resmi kendaraan saja.

Informasi yang beredar di media sosial mengatakan penyebab terbakarnya mobil keluaran 2016 tersebut karena power bank yang meledak saat masih terhubung dengan lubang lighter. Persangkaan lain, mobil itu terbakar disebabkan karena suhu yang terlalu panas dan suhu menyebabkan ledakan dari bensin.

Tetapi, pemilik monil mengatakan bahwa semua dugaan tersebut tidak masuk diakal.

“Lucunya viral seperti itu (karena power bank). Padahal tidak ada power bank. Saya tidak pernah bawa power bank,” ungkap Aini, sang pemilik mobil.

Sangkaan lain mengenai korsleting mobil tersebut pun ditampik karena Aini mengaku hanya memasang perangkat audio sederhana saja.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *