Datang Sebagai Pesaing Hyundai i20, KIA Rio Resmi Masuk Pasar Indonesia

 

Upsideandmotor.com – Mobil dengan pabrikan yang sama-sama berasal dari Korea Selatan sekilas memang mirip. Namun pemasaran Hyundai di Indonesia sendiri dirasa lebih baik daripada KIA yang diusung oleh PT. KIA Motors Indonesia.

Mencoba memperbaiki hal tersebut, kini KIA datang dengan produk barunya yang digadang-gadang mampu menyaingi Hyundai i20 yang telah rilis terlebih dahulu. Mari intip spesifikasi keduanya.

Perbandingan Hyundai i20 dan KIA Rio

Interior

Sama-sama menggunakan model analog pada tombol AC, tampilan Rio lebih menawan dibanding i20. Menyajikan ornamen piano black, membuat tampilan Rio lebih berkelas. Menuju ke bawah, desain dasbor yang dimiliki Rio lebih modern dibanding Hyundai. Rio memadukan dual-tone abu-abu hitam untuk menampilkan kesan mewahnya.

Bila tampilan dasbor sangat berbeda, untuk urusan jok, Rio dan i20 sangatlah mirip. Desain kedua jok mereka masih menggunakan kain walaupun mempunyai warna yang beda.

Pada bangku kemudi, keduanya mengusung konsep pengatur audio pada setirnya. Namun, lingkar kemudi Rio jauh lebih unggul dibanding i20 pada tampilan warna dan gaya. Untuk teknologi, i20 boleh berbangga karena telah dilengkapi dengan layar sentuh 8 inchi, sedangkan Rio masih analog dan monokrom.

Eksterior

Melihat desain luaran keduanya, sekilas memang hampir sama. Kia Rio menggunakan desain Peter Schreyer yang dijuluki Tiger Nose. Sedangkan Hyundai i20 menggunakan Fluidic Sculpture 2.0. Kia mempunyai 8 pilihan warna pada generasi keempat ini, sedangkan Hyundai hanya mempunyai 6 pilihan warna.

Sama seperti Hyundai i20, pilar C Rio diberikan sentuhan kesan floating roof (atap mengambang) menggunakan warna hitam. Dilihat dari depan, lampu utama Rio terlihat membulat dengan fitur Projector dengan Bi Function, Auto Light dan Static Bending, menggunakan lampu LED DRL. Hal ini juga telah digunakan oleh Hyundai i20 yang sama-sama menggunaan LED DRL. Bedanya, i20 masih menggunakan halogen dengan multi focus reflector.

Dapur Pacu dan Harga

Tidak hanya platform yang sama, Kia dan Hyundai juga menggunakan mesin yang sama. Kedua mobil tersebut menggunakan mesin berjenis Kappa 1.4-liter MPI 4-silinder bertenaga maksimal 100 hp dengan torsi 133,3 Nm.

Hyundai i20 yang terlebih dulu hadir pada tahun lalu dibanderol dengan harga Rp 249 juta untuk seri manual dan Rp 263 juta untuk seri otomatis. Harga KIA Rio juga tak jauh berbeda dengan tawaran harga Rp 250 juta untuk seri manual dan Rp 265 juta untuk seri otomatis.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *